TUGAS PRAKTIKUM

Oktober 10, 2010

TUGAS PRAKTIKUM LINUX
Modul I
Windows VS Linux”

Disusun Oleh:
Rega Dian Naralia Sari
123080026
Plug 11

Assisten:
I Putu Jistha M.

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERTAS PEMBANGUNAN NASIONAL “V” YOGYAKARTA
2010




BAB I
LANDASAN TEORI

Dewasa ini banyak pilihan system operasi yang digunakan dalam computer seperti ada Windows, Linux, Open Solaris, MacOs. Dan diantara banyaknya pilihan system operasi yang digunakan biasanya windows dan linux menjadi pilhan yang sangat popular diantara system operasi yang lain.

Linux sendiri adalah sistem operasi Unix dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan pertama kali dirilis pada 1970. Faktor ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi menyebabkannya dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi secara luas oleh institusi-institusi akademis dan pada pebisnis.

MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer, yang bernama Seatle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinya dengn harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.

Seiring berkembangnya waktu system operasi windows dan linux berkembang dengan pesat. Windows sudah berkembang sampai windows 7 bahkan windows 8 siap diluncurkan. Dan Linux dengan banyak pilihan distro yang semakin menarik. Dan semua itu tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan masing-masing system operasi.





BAB II
TUGAS
  • Kelebihan Linux
  1. Anda tidak perlu membeli Linux OS dan mengeluarkan Uang yang mahal untuk membeli CD WindowsOriginal.
  2. Anda tidak Perlu takut Untuk di Sweeping atau di Razia Software karena Linux Free.
  3. Anda telah membantu mengurangi Pembajakan Software dan tidak perlu membeli Licensi Key.
  4. Mendukung implementasi lengkap TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang memungkinkan suatu computer terhubung dengan jaringan dan internet.
  5. Jika anda memerlukan sebuah kantor suite Anda dapat men-download Open Office (Free).
  6. Linux OS dapat menjalankan distribusi yang sama persis pada sistem 32-bit, 64-bit sistem sedangkan Windows Bajakan yang sering digunakan di Indonesia adalah Windows 32 Bit.
  7. Komunitas linux adalah orang yang berlimpah dengan keinginan untuk saling membantu memecahkan masalah apapun pengalaman serta berbagi tips dan ide untuk kreativitas.
  8. Linux tidak crash tanpa alasan jelas sewaktu di Jalankan.
    15. Linux tidak dapat membuat sistem anda unusable seperti yang sering di temukan di Windows.
  9. Pada Sistem Operasi Windows ketika selesai Update Antivirus dan Instal software seringnya meminta untuk Restart/reboot bahkan kadang Restart secara Otomatis (Windows Maksa Bro biar systemnya Update).Tetapi Linux tidak reboot dengan sendirinya (Otomatis).
  10. Linux dapat membaca dengan baik lebih dari seratus berbagai jenis file system.
  11. Linux dapat dijalankan dari CD tanpa harus mempengaruhi apa yang sudah di hard disk dari komputer.(IGOS OS yang murni Sistem Operasi buatan Indonesia yang di ambil dari Varian Fedora).
  12. Tidak ada 1 Sistem Operasipun yang bisa meng-klaim terbebas dari serangan Virus maupun Trojan termasuk Linux.Tapi setidaknya Linux tetap lebih aman karena Linux merupakan Open source dan masih sedikitnya orang yang mengetahui tentang Scripting pembuatan Virusdilinux.
  13. Pada Linux Anda mendapatkan khusus suite yang berisikan pendidikan dan permainan. Windows versi ini tidak dikembangkan, dan harus membeli Licensi.
  14. Anda dapat membuat sendiri distro Linux jika Anda inginkan. Bayangkan “MyLinux” untuk diberikan kepada semua teman dan keluarga Anda.
  15. Linux dapat membantu Anda menghapus spam tanpa biaya. Bahkan, Spam Assassin – salah satu yang paling populer open source anti-spam system – adalah dasar dari banyaknya komersial produk anti-spam. Kontras oleh produk seperti Symantec Mail Keamanan adalah sekitar $ 30/mailbox. Layanan seperti MessageLabs juga biaya per surat.
  16. Linux adalah sebuah sistem multi-user . Anda dapat memiliki banyak ratusan semua pengguna Linux yang bekerja di salah satu sistem. Sedangkan Windows Terminal Services menawarkan tapi tidak standar, dan ada yang ekstra lisensi per pengguna.
  17. Linux sangat kuat bahasa scripting yang memberikan kekuatan besar untuk sistem administrator.
  18. Proyek honeypot menemukan bahwa sebuah unpatched Linux server dapat lebih bertahan jika terkoneksi dengan Internet.sementara patch Windows’ server akan bangkrut dalam waktu beberapa jam.Bahkan tanpa patch, Linux masih lebih baik daripada Windows.
  19. Linux tidak membatasi bagaimana konten digunakan pada sistem. Tidak ada manajemen hak digital (DRM) perlambatan bawah komputer atau menyebabkan konflik dengan hardware atau software. Tinggi kualitas audio visual keluaran tidak artificially direndahkan. Dengan Linux anda dapat memutar musik, menonton film dan menjalankan perangkat lunak. Sistem operasi tidak akan terganggu dengan adil-hak untuk menggunakan konten Anda sendiri.
  20. Berapa banyak kertas dan plastik yang digunakan untuk membuat dan mendistribusikan semua kotak set produk Microsoft? Linux adalah bebas didownload dari Internet.
  21. Linux tidak akan mati karena open source dan Free.Tidak seperti Sistem Operasi yang Lain.


  • Kekurangan Linux
  1. Terlalu Banyak Pilihan Distro
ini adalah salah satu kekurangan linux yang pertama, terutama bagi pengguna baru. Banyaknya distro yang mencapai ratusan membuat para pemula dilinux atau orang yang ingin bermigrasi kelinux harus pusing memilih distro yang cocok untuk keperluannya. Banyaknya pilihan distro ini kalau mau dijabarkan lagi akan makin kelihatan, misalnya masing masing ditro membuat manajemen paket yang berbeda, paket yang berbeda, pengguna yang berbeda, tool administarasi yang berbeda dan seterusnya.

  1. Minimnya Dukungan Teknis Resmi
Linux dikembangkan oleh komunitas, maka linux datang dengna dukungan komunitas, bagi pengguna biasa, hal ini tentunya bukan masalah, namun bagaimana dengan pengguna kantoran, perusahaan atau kantor pemerintah? ini merupakan masalah besar, karena software di kalangan tersebut dipakai untuk produktifitas dan bahkan diantaranya menangani sistem kritis, seperti perbankan. Seandainya ada dukungan teknis pun biasanya cukup mahal,misal dukungan dari redhat ataupun suse.

  1. Banyaknya Istilah Teknis
Linux merupakan salah satu keluarga sistem opeasi UNIX. Oleh karenanya kebanyakan pengguna adalah administrator jaringan ataupun orang yang suka ngoprek linux. Bagi kebanyakan pemakai komputer, linux penuh dengan istilah yang terkesan rumit dan terlalu teknikal. Dengan ini,orang cenderung menganggap linux begitu susah untuk dipelajari.

  1. Kurangnya Dukungan Dukungan Hardware
Ini juga salah satu kendala utama dari linux. Walaupun dukungan hardware di linux makin hari makin baik, namun untuk device tertentu seperti wifi, dukungan linux masih terbatas, begitu juga dengan hardware keluaran terbaru. Biasanya tidak bisa dijalankan dilinux. Seandainya bisapun, penggunaan hardware tersebut tidak optimal karena umumnya hardware dikenali sebagai periferal generik.

  1. Minimalnya Aplikasi Killer
Sedikti sekali sofware dilinux yang sejajar kemampunanya dengan aplikasi sejenis di windows, sebenarnya linux mempunyai begitu banyak aplikasi(silahkan cek freshmeat.net atau sf.net) namun umumnya software yang dirilis masih berupa alpha atau beta, RC, intinya bukan untuk keperluan produktif.sebagian dari software free dilinux lebih banyak diisi oleh software untuk server dan pengembanga software.

  1. Game
Belum ada perusahaan game sekelas Blizzard, EA Sports, dsb yang menyediakan gamenya dalam versi non-Windows. Mereka seolah-olah hanya mengenal satu sistem operasi, Windows. Hal ini bisa dimaklumi karena pasar sistem operasi sekarang masih dikuasai oleh Microsoft.

  1. Belum Banyak Pengguna Linux
Dengan Windows, saat Anda mengalami masalah, Anda bisa langsung bertanya siapapun apakah pernah mengalami masalah yang sama. Hal ini dikarenakan hampir semua orang di bumi ini tahu dan menggunakan Windows.

  1. Merepotkan
Tidak begitu mudah untuk digunakan (not very user friendly) dan membingungkan bagi pengguna.










  • Kelebihan Windows
  1. Membantu melindungi PC daripada fail sisipan yang merbahaya. Caranya, dengan mengingatkan anda terhadap mana-mana fail sisipan yang mungkin tidak selamat. SP2 membantu melindungi PC daripada virus-virus yang boleh merebak melalui Internet Explorer, Outlook Express, dan Windows Messenger.
  2. Menambah baik ciri perlindungan aspek “privacy” anda terutamanya apabila berada di dalam web. SP2 membantu melindungi maklumat persendirian anda dengan menggunakan ketetapan keselamatannya yang melindungi PC anda daripada fail dan kandungan yang dipindah terima melalui Internet Explorer.
  3. Menghindari pindah terima yang berpotensi tidak selamat. Pemantauan pindah terima Internet Explorer dan Internet Explorer Information Bar akan mengingatkan anda mengenai pindah terima yang mungkin merbahaya di samping memberikan anda pilihan untuk menyekat fail-fail yang mungkin berniat jahat.
  4. Mengurangkan gangguan tetingkap “pop-up”. Ciri baru SP2 yang dinamakan Internet Explorer Pop-Up Blocker bakal menjadikan pelayaran Internet anda lebih menyeronokkan. Caranya dengan membantu anda mengurangkan iklan-iklan yang tidak diingini dan kandungan yang muncul apabila melayari web.
  5. Menyediakan perlindungan firewall sejak PC anda dimulakan sehingga PC dimatikan. SP2 diengkapi dengan Firewall Windows dalaman yang berkuasa dan pada asasnya sedia diaktifkan. Ini membantu melindungi Windows XP daripada pelbagai virus dan cecacing yang boleh merebak menerusi Internet.
  6. Menyediakan pusat kawalan keselamatan yang lebih baik. SP2 dilengkapi pusat kawalan keselamatan lebih baik yang dikenali sebagai Windows Security Center. Pusat ini membolehkan anda melihat status keselamatan dengan mudah dan mengurus ketetapan utama keselamatan pada satu tempat yang selesai.
  7. Menyediakan kemaskini keselamatan yang mudah. Penambah baikan terhadap ciri Automatic Updates Windows XP telah memudahkan lagi proses untuk mengemaskini Windows. Selain itu, teknologi baru juga ditambah untuk membantu pengguna internet “dial-up” memindah terima kemaskini dengan lebih efisyen.
  8. Menyediakan perlindungan terhadap alamat e-mel. SP2 juga telah membuat penambah baikan terhadap aplikasi Outlook Express dalam usaha untuk mengurangkan kemasukan e-mel yang tidak dikehendaki. Caranya, dengan membataskan kemungkinan alamat e-mel anda dieksplotasi oleh penghantar spam.
  9. Mencegah kelumpuhan (crash) akibat pemasangan perisian tambahan pelayar Web. Ciri baru Add-On Manager di dalam Internet Explorer memudahkan anda melihat dan mengawal perisian tambahan. Ini dikatakan dapat mengurangkan berlakunya kelumpuhan dan anda boleh melayari web dengan bebas.
  10. Memudahkan penggunaan wireles. SP2 terus menyokong penggunaan wayarles dengan memudahkan lagi proses untuk mencari dan berhubung dengan rangkaian wayarles di rumah atau dalam perjalanan.


  • Kekurangan Windows
  1. Harga licensi mahal
  2. Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
  3. Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
  4. Sistem keamanan yang masih dibilang kurang
  5. Sistem yang kurang stabil

  • Perbandingan Antara Windows Dan Linux
Perbedaan linux dengan Windows adalah:
Linux :
- Halal karena tidak usah pake lisensi/ijin dalam artian Gratis alias free.
- Mendukung atau support Intel, PPC, Sparc, Alpha, dll
- Bebas dari virus.
Windows :
- Berlisensi sehingga harus bayar untuk menggunakannya alias harus bayar.
- Windows hanya untuk Intel, MacOS hanya untuk computer Apple, Solaris hanya untuk Sparc, Unix hanya untuk Alpha.
- Windows harus sering di update anti virusnya kalo tidak Virus siap menyerang
Selain Perbedaan Diatas,ada juga perbedaan yang lain seperti ,
  1. Cara Install Sistem
    Cara menginstall System adalah mirip seperti menginstall windows akan tetapi format yang dipakai untuk jenis Linux adalah ext3, ext4 (Ubuntu Jaunti J), dan untuk Windows yaitu fat, fat32 atau ntfs (terbaru), maka tidak mengherankan jika file-file yang berada di format Windows tidak akan langsung tampak jika tidak di load/mountuing terlebih dahulu.

  1. Cara Menginstall Program
    Ini merupakan kendala yang akan di alami para pemula jika kali pertama bermigrasi dari Windows ke Sistem Unix/Linux, jika dahulu anda dimudahkan dengan hanya sekali dua kali klik file berformat *.exe, *.msi, de el el untuk menjalankan installer (orang awam menyebutnya master) dan klik next-next-next finish cukup gampang bukan, itulah yang menyebabkan orang kita hanya diberi kemudahan untuk malas oleh orang kapitalis, akan tetapi di linux mungkin akan disusahkan dengan dependensi (Installer pendukung Installer Utama). Sebelum raw material (barang mentah) yang berformat/ ekstensi *.deb dijalankan, jika menemukan error atau gagal menginstall maka kesalahan biasanya ada dependensi yang dibutuhkan, yang paling menonjol adalah anda diharapkan bisa dipaksa untuk mengikuti sedikit perintah yang ada di Termina/Shelll (nama lain dari Command Prompt/Ms. Dos Prompt di Windows), jadi terminal adalah bagian utama yang harus dipelajari sewaktu akan bermigrasi, minimal perintah seperti mengkopi file/folder(cp), pindah user (sudo su), membuat folder (md), pindah folder (cd) dan struktur dalam linux itu sendiri, seperti tidak akan adanya folder system 32, tidak bisa langsung membuat folder di direktory system linux. Pokoknya keamanannya ketat deh. Perbedaan lain di linux adalah anda harus menghapus aplikasi yang sama tetapi versi lama dulu yang sudah terinstall di sistem anda. Setelah itu akan dicapai rasa senang karena telah berhasil.

  1. Tampilan
    Untuk tampilan menurut saya dari Sistem saat ini yan paling menonjol adalah Versi Mac OSX Leopard, sungguh rapi dan memukau, yang kedua yaitu Tidak ada perbandingan antara Vista dan Ubuntu karena sama sama memiliki keunggulan dan kemudahan kustomisasi, lebih mudah linux donk yang pasti dari pada sistem windows, teringat xp, dulu sewaktu menginstall inspirate atau transformation pack susahnya minta ampun, dibandingkan dengan Tema/Theme/Skin/Template.

  • Sebagai SO server, Linux dirancang untuk tidak sering dimatikan dalam pengoperasiannya. Pencegahan memory leak di Linux mendapat porsi perhatian yang lebih besar dibanding pada Windows. Artinya, ketersediaan porsi memori yang bisa digunakan boleh berkurang pada Windows karena toh dalam waktu tidak lama sistem akan dijalankan mulai dari awal lagi.

  1. Awal perkembangannya.  
Windows berkembang dari dunia komputer mikro yang serba personal. Karena khusus untuk kebutuhan desktop, Windows sangat memfokuskan diri pada kesederhanaan penggunaan, pendekatan pada sisi end user dsb.
Linux berkembang dari dunia Unix dengan segala persoalan multi-tasking dan multi-usernya. Dengan kata lain, Linux dirancang dengan karakteristik server atau workstation high-end. Linux juga dikembangkan dengan kemampuan jaringan cukup tinggi dan sejak awal hidupnya sudah berusaha untuk berjalan pada berbagai arsitektur komputer, sehingga Linux tidak menjadikan kebutuhan desktop sebagai tujuan besar.

  1. Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) 
Jika dilihat dari sisi HAKI, SO Windows dan kebanyakan program-program aplikasinya, kepemilikan lisensi (rata-rata berharga $200 USD) merupakan sarat mutlak untuk penggunannya.                                           
Sementara Linux dan program-program aplikasinya dilain pihak berlisensi gratis dan justru mendorong para penggunanya untuk menyebarluaskan perangkat lunak tersebut.

  1. Kelengkapan Program
    Windows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal. Kalaupun ada mungkin hanya Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya.Sekalipun Linux juga sebagai SO, setelah diinstal, akan ditemui banyak program dari hampir semua kategori program seperti Office Suite, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet (Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger, Torrent, News), 3D, Games, Utility, dll.
  2. Program Aplikasi
Windows unggul untuk aplikasi Office-nya. Diakui bahwa Microsoft Office termasuk tool yang sangat enak untuk bekerja di PC seperti menyiapkan presentasi, tulisan, laporan, agenda dll.  Linux unggul dalam aplikasi Webserver, proxy server, firewall, mail server, Samba dll. Pada aplikasi server umumnya X-Windows tidak lagi digunakan di Linux, oleh karena itu Linux biasanya lebih hemat resources (memory & harddisk) di bandingkan Windows. Sementara komunitas Linux juga berusaha keras untuk mengejar ketinggalannya dalam aplikasi Office-nya dengan mengembangkan StarOffice yang dimotori oleh Sun Microsystems agar dapat digunakan secara cuma-cuma di atas Linux.

  1. Konfigurasi Sistem
    Berbeda dengan program
    Windows yang sudah siap pakai, di Linux ada kalanya perlu  menyunting file secara manual melalui command line. Tetapi dengan adanya PCLINUX Control Center, konfigurasi sistem bisa dilakukan dengan mudah. PCLINUX memiliki deteksi perangkat keras yang baik sehingga hampir semuanya berjalan secara otomatis. Dan hampir semua program di PCLINUX disertai dengan konfigurasi yang juga sudah siap pakai.

  1. Dukungan Perangkat KerasTidak seperti kemudahan yang ditemui di Windows, terkadang suatu hardware tidak bisa bekerja di Linux. Hal ini bisa terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi Linux. Untungnya, belakangan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver Linux. Dan pengenalan Linux akan hardware semakin lama semakin meningkat sehingga mulai jarang terdengar permasalahan hardware di Linux.

  1. Manajemen Proses
Apabila kita tekan tombol Crtl-Alt-Del pada saat sistem menjalankan Windows akan terlihat sejumlah proses yang sedang berjalan. Kalau dihitung dari 10 dan pengguna biasa bisa mengenali sebagian besar proses-proses ini.  
Bila kita kirim perintah ps ax pada sistem Linux akan terlihat keterangan bahwa ada lebih dari 20 proses sedang berjalan. Mereka yang tidak mendalami sistem operasi tidak akan bisa mengenali sebagian besar dari proses-proses tersebut.

  1. Sistem File
 Windows menggunakan FAT dan NTFS. Windows tidak membedakan penggunaan nama file dengan huruf besar dan huruf kecil (case insensitive). Windows mengenal juga istilah drive untuk device dan partisi. Windows memiliki MyComputer sebagai root, yang didalamnya terdapat berbagai drive dan device. Windows juga tidak bisa membaca file sistem Linux (tanpa memanfaatkan program terpisah). Di sistem file, ekstensi nama file di Windows memiliki peranan penting. 
Sementara Linux menggunakan ext2, ext3, reiserfs, xfs, jfs dan lain sebagainya. Linux dapat membaca dan menulis ke FAT32, dan dapat membaca dan  menulis NTFS (eksperimental dan memanfaatkan proyek terpisah). Linux membedakan penggunaan huruf besar dan kecil dalam berbagai aspek penggunaan sistem operasi. Di Linux, istilah drive tidak digunakan. Yang digunakan adalah direktori biasa. Apabila dibandingkan dengan Windows, Linux mengenal direktori root (disimbolkan dengan /), yang didalamnya terdapat berbagai direktori dan device. Di Linux, ekstensi nama file tidak memiliki peranan penting. 


  1. Waktu Pengoperasian
Sebagai SO personal workstation, Windows akan sering dimatikan apabila ditinggalkan pemiliknya untuk menghemat listrik karena tidak akan ada orang lain yang akan menggunakan komputer itu.
Sistem Linux dirancang untuk bisa digunakan bersama-sama oleh banyak orang. Karena itu perlindungan berkas dan proses-proses milik seseorang terhadap orang lain menjadi porsi besar dari perhatian perancangnya. Pada sistem Linux (dan Windows NT/2000/XP) identifikasi user sangat menentukan hak akses pengguna. Karena itu akan banyak ditemui pengguna Linux yang bekerja dengan user root (nama super user di dunia Unix).


  1.  Proteksi Sistem
Karena sistem Windows biasanya digunakan orang tertentu saja, maka sistem proteksi berkas-berkas di komputer tidak menjadi perhatian utama dalam perancangan Windows. Kapanpun pengguna Windows bisa menghapus, mengganti nama, memindah lokasi direktori file apapun yang ada di sistem. Login bukanlah keharusan bagi pengguna Windows 9x. Dengan cancel login prompt, bisa didapatkan hak akses segalanya.
Meskipun sama-sama sebagai sistem operasi (SO) komputer, Linux dan Windows memiliki perbedaan dalam banyak hal. Karena merupakan dua dunia yang berbeda, maka hampir semuanya bisa berbeda. Software yang didesain khusus untuk Windows tidak akan berjalan pada Linux, demikian juga sebaliknya.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar