2.443 mdpl itu Kawah Ijen

April 05, 2018

"Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Pendakian gunung ini bisa dimulai dari beberapa tempat. Pendaki bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso"




Kata2 diatas merupakan kutipan dari wikipedia sih, aahha. Sampe detik ini sebenernya percaya gak percaya kalo udah sampe sana dan sampe atas. Serius, karna baru pertama kali naik gunung yang beneran gunung gitu loh.

  

Jadi sekitar sebulan yang lalu, dpt gratisan gtu kan outing, kemana2 coba kemana, akhirnya ke Malang dan Banyuwangi. Aku bakal cerita di kawah ijennya dulu ya, sambil sok2 ngasih tips gtu deh ya, mudah2an berguna buat yng pertama kali nanti kesana.


Sesuai dengan orang2 yng pernah kesana, jadi ya Ijen itu kurang lebih kayak gunung prau.Gunung beneran jangan pernah meremehkan itu ya, itu yang pertama. Kebetulan kmrn kesana pakai jasa tour and travel JM Adventoure cek aja ya IG nya, oke sih mnrt aku.

Ini mencar2 ya ceritanya, mohon maaf lahir batin hahah. Aku cerita aja nih , kesalahan ku dr awal adalah start dr Malang, hahah, harusnya ak start dari banyuwangi aja, but its ok. Jadi dari Malang ak perjalanan 7-8 jam untuk sampai ke Ijen, sampai di Ijen kita rombongan nyampe jam 2 malem gtu deh. Persiapan kurang lebih 15 menit, include berdoa ya. Ini penting banget hahahah. Apa aja sih yang dipake disana ?? Baju yang anget dan nyaman, masker, sepatu yang aman (gak harus sepatu gunung , yang penting gak licin, kuat dan empuk) , sarung tangan, makanan dan minuman secukupnya.

Medannya gimana?? , buat aku yang pertama kali naik gunung, sebenrnya untuk jalannya udah bagus kok. Alhamdulillah waktu itu gak hujan , dan sekali lagi Alhamdulillah ditemenin sama 2 orang yang sabar bener deh nungguin ak jalan hahhahaa. 20 menit diawal lancar napas masih oke, setelah itu tiap 10 langkah berhenti karna udah mulai nanjak hahahha. FYI disni ada 4 atau 3 gtu ak lupa, yang pos terakhir ada warung nya gtu sebelum naik ke puncak. Naik ke puncak ini nanjak sekitar 10 menitan lgi gitulah , abis itu jalannya landai. Bahagiaa banget , ahahah. Ada satu percakapan yang ak inget sampe sekarang.
Aku : Mas perutku perih nih, ak boleh makan??
Mas nya : Oooo itu laper, ini makan coklat dulu 
Aku : Ooooooooooo (oke ak laper banget brarti ya) hahahaha

Abis dikasih makan coklat, yakkk sehat dan jalan lagi, sambil jalan masih mlongo masih gk percaya kalo bisa sampe atas. Bersyukur banget (ini kalo kalian kenal ak, ak ini berbadan seksi wkakaka) jadi tuh naik gunung sebuah keajaiban. 

Sampe diatas ngapain?? , Sampe diatas kamu bakal disuguhin pemandangan yang , duhhh indahh banget , gak usah deh jauh2 ke luar negeri, bule aja pada kesini  ahhaha. Coba kesini dulu, diatas gunung yaa ada kawah yang indah banget , seluas itu dan kamu itu cuma ahhh kecill banget. Pas udah diatas bau belerangnya kuat banget sih. Untuk ngeliat blue fire yang cukup fenomenal itu, kamu harus jalan lagi turun kebawah dan ak merasa beruntung untuk tidak turun, karena lebih capek kwkwkkw. Dan takutnya gk kuat malah bikin ribet. Belerangnya pekat banget, waktu kesana dikasih kesempatan untuk melihat blue fire yang tinggal sedikit, jadi blue fire ini nyala klo pas masih gelap ya, klo udah pagi udah kagak ada. Klo mau ya bawa blue gas aja buat foto disana. (becandaaaa ahhh gtu aja ngambek)


Dan itu semua ternyata baru perjuangan pertama, perjuangan kedua adalah TURUN GUNUNG!! HAHAHHAHAHA. Kalo kalian bener2 rasain turun gunung ini lebih capek drpda naiknya, seriusan deh kaki ak berasa pegel dan turunnya berasa jauh bangettt, biasanya pulang kan ngerasa lebih cepet ya?? ini sih enggak lamaaa.Tapi pas turun kamu tuh jadi ngeliat gitu , ohh semalemm ak naik kayak gini ya keadaanya? luar biasaaaaaa.


Sampe dibawah kita makan indomieeeee ahhh senanngg sekaliiiiiii
setelah itu kita balik ke hotel , untuk naik gunung selanjutnyaa...

Cerita selanjutya di part berikutnya yaaa hahahaha...

 
 
 



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar